Syarat dan Ketentuan

1. Jam Kantor Tanaman.co.id

  1. Senin s/d Sabtu : jam 07.00 – 16.00 WIB

    - Call center: 0822-9252-4892
    - SMS center: 0822-4042-6123
    - Email: sales@tanaman.co.id
    - Whatsapp: 0821-8746-3088 (message only)

  2. Minggu & setiap tanggal merah tutup. Proses pemesanan dll pada Hari Minggu & Libur akan dilakukan pada hari kerja berikutnya.

2. Produk dan Jasa

  1. Pesanan yang Anda pesan melalui situs akan berstatus disetujui jika Anda menerima konfirmasi dari Tanaman.co.id, berupa email konfirmasi yang terkirim ke alamat email Anda.

  2. Pembayaran atas pesanan Anda dapat dilakukan melalui transfer rekening bank yang telah ditunjuk oleh pihak Tanaman.co.id, atau menggunakan fitur pembayaran verifikasi otomatis seperti Kartu Kredit atau Virtual Account. Biaya layanan yang dibebankan kepada Anda adalah sesuai dengan total tagihan pesanan Anda (harga produk ditambah ongkos kirim)

  3. Harga produk dan jasa pengiriman dapat berubah sesuai kebijakan Tanaman.co.id tanpa pemberitahuan sebelumnya.

  4. Semua informasi tentang promo, hadiah, penawaran produk kami melalui media sosial atau platform lainnya dapat langsung Anda tanyakan ke admin customer service kami melalui email ke: sales@tanaman.co.id

  5. Tanaman.co.id adalah situs marketplace atau situs jual beli. Ada banyak penjual (multi-vendor) yang memasarkan produknya di tanaman.co.id, dari berbagai lokasi wilayah di Indonesia (multi-origin).

3. Biaya-Biaya

  1. Customer penjualan Tanaman.co.id bersifat langsung (end user) maupun reseller.

  2. Harga produk belum termasuk ongkos kirim dan biaya administrasi lain-lain yang mungkin berlaku.

  3. Pengiriman produk Tanaman.co.id menggunakkan layanan JNE, waktu pengiriman dan biaya pengiriman bergantung pada kualitas atau grade (tingkatan) layanan yang dapat Anda pilih langsung. Khusus tanaman hidup kami menganjurkan agar menggunakan layanan JNE tercepat sebisanya ke alamat tujuan Anda.

  4. Pengiriman produk tertentu membutuhkan waktu pengiriman lebih cepat dengan kemungkinan biaya lebih mahal (akan diinformasikan jika terjadi).

  5. Pengiriman produk tertentu dapat menjadi lebih lambat, karena membutuhkan waktu proses yang lebih atau berbagai alasan lain (akan diinformasikan jika terjadi).

4. Proses Order atau Cara Melakukan Pemesanan

Untuk proses melakukan pemesanan, silakan merujuk pada halaman cara belanja.

5. Saat Order Telah Diproses dan Diterima

Disarankan untuk segera cek kondisi produk saat sudah sampai atau diterima. Apabila kondisi produk tidak sesuai dengan kondisi yang dijanjikan, Anda dapat melakukan klaim, sebelum itu mohon baca syarat dan ketentuan garansi dan klaim pada poin 7 di bawah.

6. Garansi & Klaim

Syarat dan Ketentuan Garansi

  1. Khusus produk benih (masih berupa biji tanaman) / umbi tanaman / stek (cutting), tidak ada garansi pasti tumbuh karena ada banyak sekali faktor eksternal yang tidak bisa kami kontrol seperti kondisi tanah waktu semai, cara penyemaian, dan lain sebagainya. Yang digaransi adalah biji Anda terima dalam kondisi baik dan segar (belum expired). Bagaimana cara mengetahui benih tersebut belum expired? Kami menyarankan Anda membeli benih kemasan utuh, dimana tertera jelas tanggal expired setiap kemasan. Di situs ini juga tersedia aneka jenis benih yang merupakan hasil repack (kemas ulang) dan tidak disertai tanggal expired yang jelas.

  2. Khusus produk tanaman (tanaman hidup yang sudah jadi), ada garansi hidup sampai 14 hari sejak tanaman diterima, dan ini berlaku untuk semua vendor. Tanaman.co.id mensyaratkan semua penjual di tanaman.co.id memberikan garansi tanaman hidup 14 hari. Selain ketentuan garansi hidup, garansi varietas juga berlaku. Salah satu contoh: jika Anda membeli mawar ungu dan setelah berbunga ternyata mawar merah, maka Anda dapat mengajukan klaim. Garansi varietas berlaku seumur hidup, sedangkan garansi hidup hanya berlaku sampai 14 hari sejak tanaman diterima pembeli.

  3. Khusus produk perlengkapan berkebun dan lain-lain, garansi berlaku jika barang yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian, atau rusak.

Syarat Pengajuan Klaim

Mengirimkan email ke support@tanaman.co.id dengan menyebutkan atau menyertakan:

  1. Kode transaksi atau order ID

  2. Detail nama, alamat, nomor handphone penerima yang dipakai pada order tersebut

  3. Bukti foto barang yang dimaksudkan untuk garansi per individu (1 barang 1 foto) dan diberi keterangan jenis barang apa untuk masing-masing foto. Ini berarti jika misalnya Anda mengklaim 4 tanaman maka ada 4 foto tanaman masing-masing diberi keterangan nama.

  4. Tanggal berapa tanaman diterima serta kronologis lebih lanjut.

  5. Request/laporan yang kami terima akan segera kami crosscheck dengan data dan akan diproses dalam jangka waktu maksimal 2x24 jam.

Penyelesaian Klaim

Penyelesaian klaim dilakukan dengan dua pilihan jenis penggantian, yaitu:

  1. Penggantian Uang (Refund)
    - Penggantian uang adalah penggantian senilai harga barang dan tanpa ongkos kirim.
    - Penggantian uang dalam bentuk voucher belanja di situs tanaman.co.id
    - Penggantian uang melalui transfer bank akan diproses dalam 1-3 hari kerja.

  2. Penggantian Barang
    - Penggantian barang adalah penggantian berupa barang yang sama seperti yang dipesan sebelumnya dan hanya berlaku 1x penggantian.
    - Sama seperti penggantian uang, penggantian barang juga tidak termasuk ongkos kirim.
    - Dengan memilih penggantian barang, maka pelanggan setuju untuk tidak melakukan klaim ulang, baik berupa nilai uang maupun barang baru.
    - Pengiriman barang pengganti dilakukan maksimal 3 hari sejak tanggal klaim.

Rp.
dapatkan potongan Rp 50.000
Kami selalu mengadakan promo penawaran menarik, pastikan email Anda terdaftar di sistem! Bonus kupon diskon 50RB otomatis, ayo daftar sekarang.
kode kupon: